Gejala, Diagnosis, & Pengobatan

Kanker Kolorektal

informasi

Apa Itu Kanker Kolorektal?

Kanker Kolorektal, atau lebih dikenal dengan kanker usus besar, adalah jenis kanker yang mempengaruhi usus besar dan rektum. Kanker kolorektal biasanya dimulai dengan adanya gumpalan kecil sel jinak yang disebut polip yang terbentuk di dalam usus besar.

Di Indonesia, kanker kolorektal adalah jenis kanker kedua terbanyak yang dialami pria. Dalam beberapa kasus, sekitar 80% orang yang didiagnosis dengan kanker kolorektal berusia 50 tahun ke atas, dan mayoritas, sekitar 54,36% pasien berada pada stadium tiga dan empat, dengan hanya 8,4% yang didiagnosis pada stadium satu ketika mencari rawatan medis.

kanker kolorektal

Penyebab Kanker Kolorektal

Di antara penyebab utama yang dikaitkan dengan munculnya kanker kolorektal dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat, diantaranya :

  • Diet rendah serat dan tinggi lemak
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Malas Bergerak
  • Merokok

Faktor lain yang dapat dikaitkan dengan perkembangan kanker kolorektal adalah:

  • Usia yang lebih tua – Mayoritas penderita kanker kolorektal didiagnosis ketika berusia lebih dari 50 tahun.
  • Memiliki Riwayat Kanker Kolorektal atau Polip – Jika sebelumnya Anda pernah mengidapnya, ada risiko diagnosis yang lebih tinggi di masa depan.
  • Radang usus – Penyakit radang kronis meningkatkan risiko Anda.
  • Sindrom bawaan – Beberapa mutasi gen diturunkan dari generasi ke generasi.
  • Riwayat keluarga – Jika seorang kerabat sedarah menderita kanker kolorektal, Anda juga memiliki peningkatan risiko didiagnosis dengan penyakit yang sama
  • Terapi radiasi – Terapi yang diarahkan ke perut untuk mengobati kanker lain mungkin berisiko menyebabkan kanker kolorektal.

Apa Saja Gejala Kanker Kolorektal?

Kanker Kolorektal : Diagnosis, Gejala, & Pengobatan di Malaysia 1

Pada tahap awal, gejala kanker kolorektal mungkin tidak terlihat dan cenderung bervariasi sesuai dengan stadium kanker yang berbeda.

Di antara tanda dan gejala yang harus Anda waspadai adalah:

  • Perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar
  • Pendarahan atau darah di tinja Anda
  • Ketidaknyamanan perut yang terus berulang
  • Lesu dan kelelahan
  • Penurunan berat badan yang signifikan
Konsultasikan dengan dokter spesialis jika gejala yang terus berulang ini memengaruhi kesehatan mental dan fisik Anda. Keberhasilan dalam pengobatan kanker kolorektal tergantung pada stadium penyakit saat diagnosis.
 
Dengan tingkat kelangsungan hidup 80% hingga 90% pada Tahap 1 dan 2; 30% hingga 60% pada Tahap 3; 5% hingga 10% untuk Stadium 4. 

Diagnosis Kanker Kolorektal

Proses diagnosis kanker kolorektal dimulai dengan tes pemeriksaan untuk menentukan apakah ada tanda-tanda kanker kolorektal dan Polip Kolon Non-kanker. Penemuan pada tahap paling awal memberikan tingkat pemulihan tertinggi sekaligus mengurangi risiko kematian.

Dokter cenderung merekomendasikan tes pemeriksaan bagi mereka yang memiliki tingkat risiko rata-rata pada usia 50 tahun. Namun, mereka yang berada dalam kelompok risiko yang lebih tinggi, seperti memiliki riwayat keluarga dengan kanker kolorektal, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih awal.

Kolonoskopi adalah prosedur yang memanfaatkan ruang lingkup untuk melihat kondisi seluruh usus besar dan rektum pasien. Meskipun tidak ada tes darah yang dapat sepenuhnya menentukan apakah pasien menderita kanker kolorektal, penting untuk memberikan detail tentang kesehatan pasien secara keseluruhan.

Jika pasien didiagnosis menderita kanker kolorektal, dokter dapat merekomendasikan tes tambahan untuk menentukan tingkat kanker seperti CT scan Perut, Panggul dan Dada, serta mengidentifikasi bentuk pengobatan yang paling tepat.

Pengobatan kanker kolorektal di Malaysia

Pengobatan Kanker Kolorektal Di Malaysia

Jenis pengobatan sangat tergantung pada lokasi kanker pada pasien, serta jenis stadium dan masalah kesehatan lainnya. Bentuk utama pengobatan melibatkan pembedahan, tetapi prosedur lain seperti Terapi Radiasi dan Kemoterapi juga dapat direkomendasikan.

Jika ukuran Kanker Kolorektal kecil, teknik Invasif Minimal seperti Polipektomi dan Bedah Minimal Invasif akan digunakan. Jika kanker telah tumbuh ke dalam atau melalui usus besar dan rektum, spesialis bedah akan membuat lubang di dinding perut untuk tujuan pengangkatan isi usus, serta Kolektomi Parsial dan Pengangkatan Kelenjar Getah Bening.

Teknologi Update Pengobatan Kanker Kolorektal Di Malaysia

Mendiagnosis dan mengobati kanker adalah urusan yang rumit. Itulah mengapa Rumah Sakit di Malaysia menawarkan perawatan medis dengan teknologi ter-update seperti skrining awal, diagnostik presisi, dan perawatan yang menjanjikan untuk pengobatan kanker

Buat Temu Janji Konsultasi Gratis

Dapatkan pengobatan yang tepat untuk diagnosis yang tepat pada waktu yang tepat. Saatnya mengalahkan kanker! Mulailah perjalanan kanker Anda bersama MahkotaRegency.id di Rumah Sakit Terbaik Malaysia.

Kini Tersedia layanan Telekonsultasi Berbayar dengan dokter spesialis terbaik di Malaysia

Tinggalkan Balasan