Kanker Kolorektal : Diagnosis, Gejala, & Pengobatan di Malaysia

Apa Itu Kanker Kolorektal ?

Kanker Kolorektal, atau lebih dikenal dengan kanker usus besar, adalah jenis kanker yang mempengaruhi usus besar dan rektum. Kanker kolorektal biasanya dimulai dengan adanya gumpalan kecil sel jinak yang disebut polip yang terbentuk di dalam usus besar.

Apa Saja Gejala Kanker Kolorektal ?

Pada tahap awal, gejala kanker kolorektal mungkin tidak terlihat dan cenderung bervariasi sesuai dengan stadium kanker yang berbeda.

Di antara tanda dan gejala yang harus Anda waspadai adalah:

  • Perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar
  • Pendarahan atau darah di tinja Anda
  • Ketidaknyamanan perut yang terus berulang
  • Lesu dan kelelahan
  • Penurunan berat badan yang signifikan

Dapatkah Melakukan Pemeriksaan Kanker Kolorektal Ketika Tidak Ada Gejala?

Bagi mereka, yang berusia diatas 50 tahun, dan tanpa ada riwayat keluarga yang menderita kanker kolorektal, disarankan melakukan pemeriksaan feses (fecal test) setiap tahunnya. Sekiranya hasil positif, maka prosedur kolonoskopi akan disarankan.

Manakala, bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker kolorektal, kolonoskopi akan disarankan rutin pada usia 40 tahun.

Pengobatan Kanker Kolorektal Di Rumah Sakit Malaysia

Rawatan untuk kanker kolorektal, sifatnya sangat kompleks, disesuaikan berdasarkan dari tahapan kanker. Di Rumah Sakit kanker terbaik Malaysia, Mahkota Medical Centre, ada beberapa jenis rawatan kanker kolorektal yang sering dilakukan oleh dokter spesialis kami.

Dokter Spesialis Onkologi (Kanker)

Dokter Spesialis Bedah Kolorektal

Tahap 1

Jika tumor berukuran kecil, maka tumor boleh dikeluarkan dengan prosedur invasif minum, tanpa pembedahan besar.

Tahap 2

Jika tumor berukaran besar, biasanya dokter spesialis bedah kolorektal, akan menyarankan pembedahan besar untuk membuang tumor dan sebagian dari usus.

Tahap 3

Untuk tahap 3, apabila kanker telah metastase (merebak) ke kalenjar limfa, pembedahan besar perlu dilakukan, tetapi kemoterapi dan radioterapi juga perlu, sekiranya itu adalah kanker rektum.

Tahap 4

Untuk tahap 4, ketika kanker telah merebak ke organ lain, seperti hati (liver), paru-paru, ataupun selaput perut (peritoneum), penyembuhan masih bisa dilakukan, pada kumpulan pasien yang terpilih dengan melakukan pembedahan yang kompleks dengan rawatan onkologi modern. Pembedahan ini akan menyingkirkan penyakit di paru-paru ataupun hati (liver). Sementara penyakit di selaput perut (peritoneum) boleh dirawat secara efektif dengan pembedahan Cytoreductive dan kemoterapi intraperitoneal yang dipanaskan atau yang dikenal dengan HIPEC (Hyperthermic Intra Peritoneal Chemotheraphy) . Untuk rawatan ini, tidak semua rumah sakit Malaysia bisa melakukannya. Salah satu rumah sakit yang menyediakan untuk rawatan HIPEC adalah Mahkota Medical Centre.

Catatan :

*Pengobatan kanker setiap pasien berbeda-beda, disesuaikan dengan jenis kanker, kondisi pasien, & Rumah Sakit pilihan pasien

*Pasien sebelumnya bisa jumpa dengan dokter spesialis bedah kolorektal dan spesialis onkologi. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua dokter menghandle case kanker kolorektal. Untuk itu, sangat disarankan agar pasien berkonsultasi dengan Perwakilan Resmi sebelum memutuskan berobat ke Malaysia

Rekomendasi Rumah Sakit Kanker Terbaik Di Malaysia

Jika Anda atau kerabat dekat didiagnosis menderita kanker atau tumor ganas, rekomendasi Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia kami akan membantu Anda dalam membuat pilihan perawatan kanker yang berkualitas, aman, dan tentunya dengan harga terjangkau.

Mahkota Medical Centre, Melaka, menjadi salah satu top rujukan terbaik untuk penanganan dan rawatan kanker .

Mahkota Medical Centre, Melaka Malaysia ⭐⭐⭐⭐⭐

Rekomendasi Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia
Mahkota Medical Centre, Pilihan Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia
Didirikan pada tahun 1994, Mahkota Medical Centre (“Mahkota”) merupakan salah satu rumah sakit swasta pertama di Melaka yang menyediakan pusat rawatan kanker sejak 1994. Sejak itu, lebih dari 20.000 pasien penderita kanker telah dirawat.
 

Dipimpin oleh dokter spesialis onkologi/kanker, onkologi kandungan & kebidanan, Hematologi/darah, spesialis bedah dari berbagai disiplin ilmu, serta staf kesehatan, Mahkota hospital berusaha untuk memberikan kualitas perawatan terbaik di setiap stadium penyakit kanker dengan tingkat kesembuhan tinggi mulai dari deteksi dini, diagnosis, pengobatan (operasi, radioterapi, Kemoterapi dan Onkologi Intervensi), hingga rawatan dukungan (rehabilitasi, konseling psikologi, dan kesintasan).

Fakta Kunci :
  1. Didukung oleh lebih dari 35 Dokter Spesialis Bedah dari berbagai spesialisasi, dengan lebih dari 12.500 kasus bedah dilakukan setiap tahun.
  2. Tingkat sintasan 5 tahun secara keseluruhan untuk Kanker Payudara yang dirawat di Mahkota sebesar 94% (Stadium I), 93% (Stadium II), 69% (Stadium III) & 40% (Stadium IV). Hasil secara keseluruhan (semua stadium) untuk Mahkota sebesar 81%, dibandingkan dengan 82% oleh Inggris & Jepang, dan 88% oleh AS*.
  3.  Mahkota Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Malaysia yang mendapatkan CCPC dari JCI untuk Kanker Payudara.

 *Berdasarkan laporan kinerja kelembagaan akhir program PHTC dari MHTC untuk Kanker Payudara untuk Mahkota Medical Centre, 2010 hingga 2015.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Mau Berobat Ke Malaysia, Kontrol, atau Medical Check Up ?

Silahkan isi form berikut jika Anda memiliki pertanyaan   atau keluhan penyakit terkait berobat ke Malaysia. MahkotaRegency.id akan segera menghubungi Anda kembali.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan