Pandemik virus corona penyebab penyakit Covid-19 telah menimbulkan tantangan besar pada umat manusia yang mungkin tak terbayangkan bagi kita semua. Hidup telah berubah bagi masyarakat seluruh Dunia, tak terkecuali Indonesia, apalagi sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota besar maupun daerah yang menjadi cluster penyebaran terbanyak. Keluarga terkunci di dalam rumah mereka, bisnis tutup β€” hanya terbatas pada layanan esensial, dan sekolah-sekolah menutup pintu setidaknya selama tiga bulan sekarang.

Dengan begitu banyak ketidakpastian, masyarakat dan terutama orang tua berselisih dengan pertanyaan ini: “Apa yang akan terjadi di masa depan untuk anak-anak kita dan bagaimana kita terus memberi mereka pendidikan berkualitas selama pandemi COVID-19 ini, sementara ada beban mental anak yang menjadi tanggungjawab bersama?”

Homeschooling berbasis pembelajaran online/virtual selama pandemi telah terbukti menjadi pilihan yang sangat baik untuk memastikan bahwa pembelajaran anak Anda berlanjut. James Hatten, Instruktur, Ph.D. University of Minnesota mengatakan bahwa selama masa kini, tujuan untuk pembelajaran online adalah untuk membantu siswa tetap terlibat secara akademis untuk mempertahankan pengetahuan yang mereka peroleh sepanjang tahun.

Tidak adanya guru penuh waktu yang mendampingi anak dan perubahan dalam lingkungan belajar seperti beralih dari kelas fisik ke ruang kelas virtual mungkin cukup menantang bagi kedua orang tua dan anak-anak mereka. Orang tua memiliki satu hal lagi yang perlu dikhawatirkan, sementara anak-anak harus terbiasa belajar tanpa teman sekelas mereka dan guru yang hadir secara fisik. Selama waktu ini, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mental anak Anda dan pastikan untuk tidak membebani mereka dengan terlalu banyak pekerjaan. Juga, awasi bagaimana mereka mengatasi masalah tanpa teman-teman mereka dan agar orang tua bisa hadir untuk melengkapi kebutuhan emosional mereka.

Namun, ada banyak orang tua yang berhasil mendampingi anak mereka selama homeschoolingΒ dan senang dengan hasilnya. Oleh karena itu, untuk membantu Anda dan anak Anda mengatasi transisi ini, berikut adalah beberapa poin penting yang akan membantu Anda menjadikan homeschooling selama COVID-19 menjadi urusan yang menyenangkan bagi orang tua dan anak-anak.

Pastikan Anda dan anak Anda beristirahat di sela-sela pelajaran. Breaks membantu meningkatkan kinerja belajar, mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan membantu mempertahankan informasi.

1. Buat jadwal belajar homeschooling yang Cocok untuk Memenuhi Kebutuhan Anak Anda

HOMESCHOOLING SELAMA PANDEMIK COVID-19 : TIPS UNTUK ORANG TUA & ANAK 1

Buat jadwal belajar untuk homeschooling, tidak harus persis seperti yang delapan jam diikuti di sekolah. Anak Anda mungkin telah menerima les akademik dari sekolah untuk berbagai mata pelajaran. Buat jadwal yang nyaman untuk Anda dan anak Anda. Bagikan kegiatan sesuai dengan itu. Misalnya, selesaikan tugas belajar di pagi hari dan simpan kegiatan yang praktis dan menyenangkan untuk sore hari. Juga, bantu anak Anda mewujudkan harapan sesuai tingkat kelas. Pastikan anak Anda merasa cukup aman dan percaya diri untuk melakukan yang terbaik dengan program pembelajaran jarak jauh yang disediakan oleh guru.

2. Lakukan Kegiatan Menyenangkan & Kunjungan Pembelajaran secara Virtual

HOMESCHOOLING SELAMA PANDEMIK COVID-19 : TIPS UNTUK ORANG TUA & ANAK 2

Tambahkan kurikulum homeschooling dengan beberapa elemen menyenangkan dan kunjungan lapangan virtual. Jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek apakah anak Anda berada di prasekolah, sekolah dasar atau sekolah menengah, rancang beberapa kegiatan yang menyenangkan dengan tugas pendidikan yang terlibat di dalamnya. Ciptakan pengalaman yang berarti. Misalnya, berikan topik dengan sub-pertanyaan dan instruksikan dia untuk memberikan jawaban yang diperlukan. Banyak kunjungan lapangan virtual gratis tersedia di internet. Anda dapat memilih yang sesuai berdasarkan usia anak Anda.

3. Memberikan Pengakuan & Penghargaan kepada Anak Anda atas Usaha Mereka

HOMESCHOOLING SELAMA PANDEMIK COVID-19 : TIPS UNTUK ORANG TUA & ANAK 3

Menerima lingkungan belajar yang baru mungkin membutuhkan waktu bagi kedua orang tua dan anak-anak. Namun, sebagai orang tua, Anda harus memotivasi mereka.

Setiap kali anak-anak Anda unggul dalam tugas tertentu, Anda harus menghargai dan mendorong mereka untuk melanjutkan usaha mereka. Anda bisa memberikan anak pujian atau hadiah pada saat-saat tertentu.

Pembelajaran daring atau online adalah proses selangkah demi selangkah dan sebagai orang tua Anda tidak boleh membentak mereka dan kehilangan kesabaran; jika anak-anak tidak bisa memenuhi harapan kita.

4. Bantu Anak Anda Memelihara Persahabatan melalui Media Digital

HOMESCHOOLING SELAMA PANDEMIK COVID-19 : TIPS UNTUK ORANG TUA & ANAK 4

Peralihan yang tiba-tiba dari sekolah konvensional ke homeschooling mungkin menyebabkan persahabatan anak Anda dengan temannya menjadi renggang, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk menghentikan ini!

Meskipun mungkin membutuhkan sedikit usaha, Anda dapat membantu anak Anda mempertahankan persahabatannya bahkan ketika Anda memulai mendampingiΒ homeschooling selama pandemi!

Diskusikan dengan orang tua teman-teman anak Anda dan atur pertemuan online melalui panggilan video. Mereka dapat bersenang-senang dengan melakukan aktivitas bersama secara online, media sosial, dll.

Anak-anak tidak bisa berpikir atau bernalar saat sedang stres atau ketika diliputi emosi. Terkunci di dalam rumah dapat menciptakan kekacauan dalam pikiran seorang anak dan membuatnya sangat tertekan.

Sebagai orang tua dan juga guru anak Anda, sangat penting untuk berempati dengan anak. Rancang serangkaian strategi meyenangkan yang mungkin Anda perlukan.

Ajari anak Anda keterampilan sosial-emosional. Masukkan latihan relaksasi dan yoga dalam rutinitas Anda dan dorong anak Anda untuk mendengarkan lagu-lagu pereda kecemasan yang tersedia secara bebas di internet.

Sebelum melanjutkan dengan akademisi, pastikan anak Anda sehat secara mental dan berpikiran positif. Kami berharap tips ini akan membantu Anda dengan baik ketika Anda memulai perjalanan Anda dari homeschooling selama pandemi.

Source :

Info Lanjut, Silahkan Hubungi:
.
🏨 Kantor Pelayanan & Informasi Resmi RS Mahkota Medical Centre – Regency Specialist Hospital, Surabaya
πŸŒ‰ Jl. Baratajaya XIX No. 31C, Gubeng, Surabaya
πŸ“– Blog: www.MahkotaRegency.id
πŸ“³ HP/ WA 083830028050
πŸ“³ Telp. 031 – 5020588

 

Konsultasi Sekarang!