5 Persiapan Sebelum Berobat ke Luar Negeri Sambil Liburan Pasca Pandemi Covid-19

Sejak pandemi Covid-19 menghantam seluruh dunia sejak awal 2020, berbagai aktivitas yang berhubungan dengan traveling praktis terhenti.

Beberapa negara memberlakukan lockdown atau pembatasan yang ketat. Liburan ke luar negeri seperti mustahil dilakukan sepanjang tahun.

In case kondisi pandemi akibat Covid-19 di seluruh dunia sudah berakhir, sektor pariwisata akan bangkit lagi. Akan banyak orang ingin pelesir ke luar negeri setelah tertunda cukup lama.

Baca Juga: Cara Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis dari Malaysia

Kalau Anda hendak pelesiran ke luar negeri pasca pandemi, persiapkan segalanya lancar dan Anda tetap sehat.

Persiapan Liburan ke Luar Negeri Usai Pandemi

Ada atau tidaknya pandemi sebenarnya tetap menuntut kita melakukan persiapan perjalanan dengan baik. Namun, pasca pandemi berakhir, tentu akan ada banyak perubahan khususnya pada protokol kesehatan. Untuk itu, persiapkan lima hal di bawah ini sebelum pergi.

1. Melakukan Tes Kesehatan secara Lengkap

Sejak Covid-19 membuat beberapa negara memberlakukan lockdown, berbagai protokol kesehatan mulai diterapkan. Kalau melakukan perjalanan ke luar negeri dan menggunakan pesawat, status kesehatan adalah yang utama. Anda disarankan melakukan rapid test atau SWAB test terlebih dahulu.

Dengan melakukan dua atau salah satu dari test di atas, kondisi kesehatan akan terbukti bebas Covid-19. Jadi, akses untuk naik pesawat atau masuk ke negara tertentu bisa lebih mudah.

2. Memilih Negara yang Sekiranya Aman

Pemulihan pasca pandemi Covid-19 di seluruh dunia berbeda-beda. Negara dengan kasus cukup rendah mungkin bisa segera pulih seperti biasanya. Namun, kalau sebuah negara mengalami kasus cukup banyak hingga jutaan seperti Amerika dan India, pemulihan membutuhkan waktu lama.

Oleh karena itu, pilih negara yang sekiranya aman dan kasusnya tidak banyak. Negara juga harus memiliki standar kesehatan tinggi sehingga kalau ada apa-apa, Anda bisa lebih aman dan nyaman.

3. Melakukan Vaksinasi dan Membawa Obat

Setelah pandemi berakhir, vaksin dan juga obat kemungkinan besar sudah ditemukan. Sebelum memutuskan untuk melakukan liburan ke luar negeri, ada baiknya untuk divaksin. Setelah mendapatkan vaksin, tubuh akan lebih kebal dengan virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 atau Corona.

4. Membuat Rencana Perjalanan yang Tepat

Buat rencana perjalanan yang tepat agar tidak mengalami masalah saat perjalanan. Misal Anda berencana akan melakukan perjalanan ke tempat wisata tertentu. Pertimbangkan apakah tempat itu akan ramai dikunjungi oleh banyak orang atau tidak. Lalu pertimbangkan juga transportasi ke sana.

Kalau sekiranya tempat wisata yang akan didatangi ini berisiko tinggi, lebih baik dihindari saja. Pilih tempat wisata yang aman agar perjalanan ke negeri orang tidak memunculkan banyak masalah.

5. Selalu Memperhatikan Ulasan dari Traveler

Saat akan melakukan perjalanan ke luar negeri, ada baiknya untuk selalu memperhatikan ulasan dari traveler lain. Terkadang apa yang ada di internet tidak sesuai dengan ekspektasi. Namun, kalau sudah ada yang coba ke sana dan membuktikan sendiri, kemungkinan besar akan jelas.

Baca Juga: Pentingnya Evakuasi Medis untuk Pengobatan Darurat ke Luar Negeri

Dari ulasan yang dikatakan oleh orang lain akan terlihat apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan. Jadi, saat pelesir Anda tidak mengalami kebingungan dan tetap aman selama pelesir. Selain itu kalau ada masalah, Anda sudah tahu harus melakukan apa karena sudah waspada sejak awal.

Meski setelah vaksin atau obat dari Covid-19 ditemukan, kita tidak bisa sembrono dalam berpergian ke luar negeri. Untuk itu, rencanakan liburan ke luar negeri dengan baik agar selalu aman dan tetap menyenangkan.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : [email protected] 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan