63 / 100

Gangguan yang terjadi pada rahim tidak hanya berhubungan dengan endometriosis saja. Sel pada rahim juga bisa ditumbuhi miom atau mioma yang bisa membesar dan menyebabkan gangguan seperti nyeri di perut dan perdarahan hebat.

Kondisi ini kalau dibiarkan bisa menyebabkan gangguan yang cukup besar pada tubuh. Selain memicu rasa sakit, kemungkinan wanita bisa hamil lagi akan sangat kecil karena dinding rahim akan mengalami abnormalitas.

Mengenal Jenis Miom

Miom yang muncul di dinding rahim ada tiga jenis, berikut ulasan singkatnya:

  • Intramural. Miom yang muncul pada bagian dalam rahim, jenis ini yang paling umum terjadi pada wanita.
  • Subserosal. Jenis ini muncul di dinding luar yang agak jauh dari ruang di rahim. Biasanya terlihat benjolan.
  • Submucosal. Lokasi dari miom ini berada di dinding luar dan dekat dengan lapisan endometrium. Kista submucosal ini yang sering memicu perdarahan hebat saat menstruasi.

Jenis Prosedur Miomektomi

Pengangkatan miom pada rahim bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ada yang melakukan pembedahan terbuka, laparoskopi, sampai menggunakan metode non invasif lain. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Pembedahan Perut

Prosedur ini paling umum dilakukan di banyak rumah sakit yang ada di dunia. Pembedahan ini dilakukan dengan membuat robekan di perut sampai menuju ke rahim untuk mengambil miom yang menempel di sana.

setelah prosedur ini, pasien akan diminta berada di RS selama 3 hari baru boleh peluang. Penyembuhan prosedur ini lebih dari sebulan dan wanita yang mengalaminya tidak disarankan langsung melakukan program hamil.

2. Laparoskopi

Berbeda dengan operasi biasa, laparoskopi dilakukan dengan pembedahan yang sangat minim. Dokter akan membuat sayatan di perut bagian bawah sepanjang 1,25 cm untuk memasukkan semacam alat bernama laparoskop ke dalam rahim.

Alat ini terdiri dari kamera dan lampu untuk melihat bagian dalam perut dan di sisi lain ada alat untuk mengambil miom yang menempel di rahim. Proses laparoskopi ada beberapa jenis mulai dari manual atau dengan bantuan robotic arm.

Proses operasi ini cukup disarankan karena minim sekali efek samping. Selain itu, proses penyembuhannya juga akan cepat dibandingkan prosedur lainnya.

3. Histerektomi miomektomi

Operasi ini dilakukan dengan memasukkan alat melalui bukaan vagina dan masuk hingga melewati serviks. Nantinya, miom yang ada di sana akan dipotong dan diambil semuanya. Prosedur ini biasanya berjalan cepat dan pasien bisa langsung pulang.

4. HIFU

High Intensity Focused Ultrasound atau HIFU adalah salah satu teknologi terbaru yang bisa digunakan untuk mengatasi miom di rahim. Dengan HIFU, penanganan invasif tidak perlu dilakukan, bahkan tidak akan ada luka sama sekali.

Saat prosedur dilakukan, pasien hanya perlu tidur di atas meja operasi. Selanjutnya dokter akan memastikan lokasi dari miom dengan menggunakan MRI. Cara ini dilakukan agar proses transfer energi panasnya tidak mengalami kesalahan.

Saat prosedur dilakukan, transducer akan diarahkan ke arah miom. Alat akan mengkonversi energi hingga di atas 55 derajat Celcius. Biasanya proses ini berjalan selama 2 jam untuk miom berdiameter 5 cm.

Kalau ada lebih dari 1 miom yang ada di rahim dan ukurannya cukup besar, prosedur akan dilakukan lebih dari sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah pada pasien dan akurasi dari HIFU akan selalu terjaga.

Prosedur Pasca Operasi

Pasca operasi dilakukan, beberapa hal di bawah ini harus dilakukan oleh pasien agar tubuhnya nyaman dan proses penyembuhannya berjalan dengan baik.

  • Perawat akan terus melakukan perawatan dan pengecekan pada suhu tubuh, detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah secara berkala.
  • Berbagai cairan yang keluar dari vagina dalam bentuk apa pun akan dicatat.
  • Dokter mungkin masih memberikan infus untuk mencukupi kebutuhan cairan. Selain itu, dokter juga akan memberikan antibiotik.
  • Dokter akan memberikan obat untuk meredakan rasa nyeri.
  • Pasien masih tersambung dengan kateter selama beberapa hari untuk membantu berkemih.
  • Beri tahu dokter atau suster kalau sudah bisa kentut, artinya sistem pencernaan sudah membaik dan bisa makan dengan jenis diet standar.
  • Mulai belajar untuk berjalan perlahan-lahan.
  • Kemungkinan besar pasien akan berada di RS selama 5-7 hari.

Penyembuhan di Rumah

Setelah sampai di rumah, beberapa prosedur di bawah ini tetap harus dilakukan untuk menghindari gangguan.

  • Berusaha melakukan bed rest selama 2 minggu.
  • Patuhi apa saja petunjuk yang diberikan oleh dokter.
  • Minum semua obat yang diberikan khususnya antibiotik harus dihabiskan.
  • Hindari untuk berdiri terlalu lama, kalau merasa tidak nyaman bisa segera duduk atau rebahan.
  • Hindari bekerja lagi hingga 6 minggu setelah istirahat total.
  • Segera hubungi dokter kalau sering merasa sakit atau ada perdarahan abnormal dari vagina.

Mioma yang muncul di rahim akan menyebabkan banyak masalah, terlebih penderita sedang melakukan program mendapatkan kehamilan. Mioma akan membuat proses jadi sulit sehingga operasi harus dilakukan.

Kalau Anda didiagnosis memiliki miom di rahim, operasi harus segera dilakukan sebelum sel terus membesar. Kalau sampai terus membesar, penanganan akan berjalan cukup sulit, bahkan berisiko pada pasien.

Jenis operasi untuk mengangkat miom ada banyak. Beberapa operasi sangat invasif dan beberapa ada yang minim invasif. Bahkan menggunakan bantuan dari robot sehingga proses operasi bisa berjalan dengan cukup presisi.

Di Mahkota Medical Centre dan Regency Specialist Hospital, prosedur operasi yang minim pembedahan sudah sering dilakukan. Bahkan, sudah bisa menggunakan teknik HIFU sehingga pembedahan tidak diperlukan.

Tertarik untuk mendapatkan penanganan dengan prosedur yang minim operasi? Kami siap membantu memudahkan perjalanan berobat Anda ke Malaysia.

 

Konsultasi Sekarang!