Secara garis besar, Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbuat dari Mineral dan Garam asam yang mengendap dalam urin dan terkonsentrasi. Batu ginjal ini dapat menyakitkan saat melewati saluran kemih, namun biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Gejala yang sering dialami oleh pasien bisa berupa nyeri parah di sisi perut yang sering disertai dengan mual.

Salah satu tindakan medis yang dapat membantu Pasien Batu Ginjal dengan menjalani Terapi ESWL yaitu terapi penghancuran batu ginjal tanpa bedahan dengan menggunakan Gelombang kejut (Shockwave).

Namun perlu diperhatikan terapi penghancuran batu ginjal ini hanya dapat di lakukan bila Batu yang mengendap tak lebih dari 2 cm, jika lebih dari itu anda dapat menjalani tindakan medis yang lebih serius

Banyak keuntungan bagi penderita batu ginjal jika menjalani Terapi ESWL seperti, Tidak invasive (kulit utuh), Tidak dibutuhkan anestesi karena hanya ada sedikit rasa nyeri yang tidak terlalu menyakitkan, Tidak dibutuhkan Rawat Inap, Jika mengalami residif (kambuh) ESWL dapat dilakukan lagi, dan Dapat digunakan pada semua usia.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, tindakan ini hanya dapat dilakukan jika Ukuran batu antara 5 – 20 mm dengan gejala yang mengganggu, Lokasi batu di ginjal atau ureter bahkan kandung kemih, Kondisi kesehatan pasien memenuhi syarat dari dokter spesialis.

Setelah indikasi diputuskan oleh Dokter Ahli Urologi, pasien akan mendapatkan jadwal kapan dilakukannya prosedur ESWL, Pasien akan diberi obat anti nyeri jika memang diperlukan. Selanjutnya Pasien akan diposisikan terlentang santai pada meja khusus dan setelah ditentukan lokasinya dengan x-ray dan atau ultrasound batu dihancurkan dengan gelombang kejut (shock wave) yang difokuskan kearah batu.

Tembakan biasanya antara 4000 dan 6000, atau ditentukan oleh dokter Ahli Urologi. Lama tembakan antara 30 – 60 menit Evaluasi pemecahan dapat diketahui langsung (real time) baik dengan x-ray dan atau USG. Terakhir, Pasien dapat langsung pulang, kecuali dianjurkan oleh dokter untuk melakukan observasi ketat.

Dapat beraktivitas normal setelah 24 jam pasca terapi. ESWL juga dapat dilakukan kapan saja setelah semua pemeriksaan selesai dan Anda memenuhi kriteria.

Nah, jika anda membutuhkan info terkait pengobatan Batu Ginjal bisa Konsultasi GRATIS dengan menghubungi kami di:

Kantor Pelayanan & Informasi Resmi RS Mahkota – Regency
Jl. Baratajaya XIX No. 31C, Gubeng, Surabaya
Blog: www.MahkotaRegency.id
HP/ WA: 083830028050
Telp. 031 – 5020588

Semua layanan kami bersifat bebas biaya, so tunggu apa lagi segera konsultasikan masalah anda untuk penanganan yang lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

Please rate this

Summary
Terapi Penghancuran Batu Ginjal Tanpa Pembedahan
Article Name
Terapi Penghancuran Batu Ginjal Tanpa Pembedahan
Description
Secara garis besar, Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbuat dari Mineral dan Garam asam yang mengendap dalam urin dan terkonsentrasi.
Author
Publisher Name
MahkotaRegency.id
Publisher Logo