Penggunaan Asuransi Kesehatan Untuk Berobat ke Malaysia

Asuransi –  Sekarang ini berobat ke Luar Negeri sudah menjadi trend bagi sebagian masyarakat di Indonesia.

Bahkan sudah jadi rahasia umum tak sedikit masyarakat Indonesia lebih memilih menjalani pengobatan di rumah sakit Luar Negeri khususnya di Negeri Jiran, Malaysia.

Namun, yang dikhawatirkan oleh sebagian orang ketika Berobat ke Luar Negeri adalah banyaknya dana yang dibutuhkan untuk proses pengobatan sampai proses kesembuhan.

Baca Juga: 

Mengenal PET Scan dan Manfaatnya untuk Diagnosis Kanker

Tomotheraphy Radixact: Teknologi Rawatan Kanker Tercanggih di Malaysia

Rumah Sakit Kanker Terbaik di Malaysia

Sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kesadaran tinggi terhadap kesehatan, sehingga mereka membentengi dirinya dengan Asuransi Kesehatan yang dapat menanggung biaya Pengobatan ketika sakit.

Nah, untuk Anda pengguna asuransi yang berencana berobat ke luar negeri, terutama di Rumah Sakit Malaysia Seperti Mahkota Medical Centre, Melaka, & Regency Specialist Hospital, Johor Baru, Anda tidak perlu khawatir.

Sebab beberapa perusahaan asuransi kesehatan besar di Indonesia sudah dapat anda gunakan untuk berobat di Luar Negeri khususnya di Rumah sakit swasta di Malaysia.

Beberapa perusahaan asuransi bahkan telah menawarkan layanan tanpa uang tunai (Cashless) untuk pasien yang menjalani rawatan di rumah sakit luar negeri.

Di bawah ini adalah daftar untuk kartu dari perusahaan Asuransi yang dapat anda gunakan secara Cashless khususnya di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital :

asuransi kesehatan cashless di mahkota medical centre

Jika asuransi yang anda gunakan tidak masuk dalam daftar kartu Cashless seperti gambar di atas, Anda masih dapat menggunakan sistem Reimburse untuk klaim asuransi baik di Rumah sakit  Mahkota Medical Centre, Melaka Malaysia, & Regency Specialist Hospital, Johor baru, Malaysia.

Namun Anda harus membayar biaya pengobatan rumah sakit dengan dana sendiri terlebih dahulu. Kemudian, biaya pengobatan yang anda keluarkan akan digantikan oleh pihak asuransi dengan cara diklaim.

Baca Juga: Pentingnya Evakuasi Medis untuk Pengobatan Darurat ke Luar Negeri

Tapi Sebelum berobat, Anda tetap harus melakukan konfirmasi lebih dulu kepada Agen asuransi terkait.

Setelah selesai mendapatkan perawatan medis, invoice pembayaran rumah sakit, Catatan pemeriksaan, dan surat dokter bisa Anda ajukan kepada pihak asuransi untuk mendapatkan biaya penggantian atau “Ganti Rugi”.

Nah, sebelum menjalani pengobatan menggunakan Asuransi Kesehatan, ada baiknya simak Beberapa Tips Berikut:

 

  • Lakukan konfirmasi ke Agen atau Perusahaan Asuransi yang Anda gunakan untuk memastikan apakah Anda bisa menggunakan sistem cashless atau reimburse  di Rumah Sakit Malaysia yang Anda tuju
  • Jika Asuransi Anda termasuk jenis Cashless infokan kepada Costumer Service / Agen Perusahaan Anda bahwa Kartu Asuransi Anda akan dibawa Berobat ke Rumah Sakit Luar Negeri
  • Jika asuransi Anda termasuk Reimburse pastikan anda telah membawa klaim Form ter-update ketika berobat ke Rumah Sakit luar negeri

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Bagi Anda yang merasa Tercover Asuransi Kesehatan dan ingin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre atau Regency Specialist Hospital, silahkan konfirmasikan ke customer service perusahaan asuransi atau agen asuransi Anda untuk melengkapi dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan sebelum berobat.

Baca Juga: Tujuan Wisata Medis Paling Populer di Malaysia

Setelah itu Anda bisa melakukan konfirmasi dan membuat temu janji/ appointment dengan dokter spesialis yang Anda tuju melalui Kantor Pelayanan & Informasi Resmi Rumah Sakit Malaysia untuk perencanaan & konsultasi sebelum berangkat Ke rumah sakit Malaysia.

Melalui kantor Pelayanan & Informasi Resmi, Anda tidak hanya akan dibantu untuk pengurusan temu janji dengan dokter spesialis saja, melainkan juga akan dibantu untuk pengurusan Administrasi terkait kelengkapan asuransi seperti:

  • Pengisian klaim oleh dokter spesialis
  • Kelengkapan billing selama pasien berobat
  • Medical record/hasil medis pasien (apabila mengalami kesulitan)
  • Dll

Ketika menjalani pengobatan di Rumah Sakit luar negeri, Anda pun tidak perlu khawatir kekurangan dana, karena melalui  Kantor Pelayanan & Informasi Resmi, Anda akan diberikan estimasi biaya mulai dari biaya konsultasi, biaya pemeriksaan, biaya rawat inap, hingga biaya tindakan apabila memang dibutuhkan, sesuai dengan kondisi maupun hasil medis pasien.

Baca Juga :

Estimasi Biaya Berobat Di Malaysia

Berobat Ke Melaka

Berobat Ke Johor Bahru, Malaysia

Pengurusan Klaim Melalui Perwakilan Resmi Rumah Sakit

pengurusan claim asuransi di malaysia

Sebagai Authorised Representative Office yang ditunjuk langsung oleh Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Surabaya, kami dapat membantu Anda dalam Pengurusan kelengkapan Klaim Asuransi sewaktu berobat di Rumah Sakit Malaysia, seperti surat keterangan dokter, medical record, invoice  pembayaran, dan sebagainya.

Bahkan bukan cuma itu saja, kami juga akan membantu anda mulai dari proses keberangkatan hingga kepulangan  ke Tanah Air.

Seperti Pengaturan Temu Janji (Appointment) dengan dokter yang dituju, pengaturan Akomodasi, Transportasi, dan hal-hal lain seputar pengobatan di Luar Negeri.

Selain itu Layanan kami juga 100% bebas biaya. Artinya, langsung kontak ke Rumah Sakit maupun melalui Kantor Pelayanan & Informasi Resmi, biaya yang anda keluarkan pun akan sama saja dan Akan Kami Pastikan tidak akan ada biaya tambahan / biaya tersembunyi lainnya.

Nah, jika Anda merasa tercover Asuransi dan ingin menjalani pengobatan di Luar Negeri tidak salahnya untuk Memilih Malaysia sebagai tujuan berobat anda.

Segera hubungi Kantor Pelayanan & Informasi Resmi yang ditunjuk langsung oleh Rumah Sakit Malaysia untuk memudahkan segala urusan sebelum berangkat ke luar negeri. 

Lantas, Di Masa Pandemi Ini Apakah Bisa Menggunakan Asuransi Cashless Di Rumah Sakit Malaysia?

Pengurusan Asuransi Mahkota Medical Centre

Adanya pandemi Covid-19, membuat beberapa pengguna asuransi khawatir, apakah biaya pengobatan di Rumah Sakit Malaysia bisa di-cover menggunakan asuransi cashless dan apakah bisa di-cover sepenuhnya.

Baca Juga :

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia?

Kapan Bisa Berobat Ke Rumah Sakit Malaysia?

 

Seperti yang kita semua tahu, bahwa saat ini Malaysia tengah memberlakukan lockdown untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Jadi, untuk berobat ke Malaysia, ada dua tipe pembayaran yang harus dibayarkan oleh pasien H-1 sebelum keberangkatan ke Malaysia, yakni :

  • Deposit karantina di Rumah Sakit Malaysia selama 7-14 hari yakni sekitar RM 10.000 (sudah termasuk 1 pasien & 1 pendamping) yang terdiri atas biaya penjemputan dari pelabuhan/ bandara ke Rumah Sakit Malaysia, kamar inap, makan, laundry, & pengantaran ke pelabuhan / bandara
  • Deposit rawatan medis, bergantung hasil medis dan pemeriksaan serta tindakan/ treatment yang akan dilakukan pasien di Rumah Sakit Malaysia. Besaran jumlah deposit rawatan medis baru bisa diketahui setelah surat ijin MHTC turun.

Bagi pengguna asuransi cashless yang akan berobat ke Rumah Sakit Malaysia, deposit karantina masih tetap harus dibayarkan sebab beberapa asuransi tidak cover. Untuk itu perlu dipastikan kepada perusahaan Asuransi Anda apakah biaya karantina Anda bisa di-cover atau tidak.

Kemudian , untuk deposit rawatan medis masih bisa di-cover oleh Asuransi secara cashless, asalkan pasien membawa Guarantee Letter (GL) dari asuransi yang menyatakan bahwa pengobatan Anda di Rumah Sakit Malaysia akan di cover sepenuhnya oleh asuransi.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

This Post Has 7 Comments

  1. Rusdi

    Artikel yang sangat membantu, begitu detail dengan bahasa yang mudah dimengerti

    1. Ahmad Niam

      Terima kasih untuk kunjungannya kak, jangan sungkan” untuk bertanya seputar pengobatan di Malaysia

Tinggalkan Balasan