Tips Menggunakan Asuransi Kesehatan Untuk Berobat Ke Malaysia

Memiliki asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan akses pengobatan yang lebih baik tanpa harus menghawatirkan biaya membengkak. Saat ini pun, beberapa perusahaan asuransi menawarkan penggunaan asuransi yang tidak terbatas hanya di rumah sakit dalam negeri saja, tapi juga bisa di rumah sakit luar negeri, tak terkecuali rumah sakit Malaysia. Namun, apakah penggunaan asuransi kesehatan untuk berobat ke Malaysia tersebut sama seperti di rumah saki dalam negeri ? Yuk cek disini penjelasannya.

Mengapa Orang Indonesia Berobat Ke Luar Negeri ?

Tips Menggunakan Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit Malaysia​

Saat ini, berobat ke luar negeri masih menjadi salah satu pilihan untuk pasien dari Indonesia yang ingin mencari second opinion atau untuk menjalani pengobatan tertentu. Selain untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik, berobat ke luar negeri juga menjadi sarana plesiran sambil berwisata . Apalagi, bagi pasien yang asuransi kesehatannya dicover hingga di rumah sakit luar negeri, tentunya tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan.

Rumah Sakit di Malaysia menjadi salah satu TOP rujukan pasien Indonesia untuk bisa mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal dan akurat. Berikut beberapa alasan mengapa pasien Indonesia memilih rumah sakit di Malaysia  :

  1. Dilengkapi teknologi medis yang up to date & didukung tenaga medis berpengalaman & terbaik di bidangnya
  2. Penanganan yang lebih tepat, cepat, & terpadu
  3. Mendapatkan predikat pelayanan kesehatan terbaik di dunia
  4. Biaya pengobatan yang relatif hemat dibandingkan negara Asia lainnya
  5. Bahasa yang mirip dengan bahasa Indonesia sehingga tidak perlu takut terkendala bahasa

 

Apakah Bisa Menggunakan Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit Malaysia ?

Asuransi kesehatan untuk berobat ke malaysia

Beberapa perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia baik yang sifatnya swasta nasional ataupun swasta internasional, menawarkan layanan akses pengobatan hingga ke rumah sakit luar negeri, salah satunya adalah rumah sakit Malaysia. Namun, bisa tidaknya asuransi kesehatan Anda digunakan di rumah sakit Malaysia perlu dilakukan konfirmasi ulang kepada pihak asuransi.

Sama dengan rumah sakit di Indonesia, di rumah sakit Malaysia pun juga bisa menerima asuransi kesehatan dalam bentuk cashless ataupun reimburse.

Untuk sistem cashless, pasien tidak perlu membayar dana pengobatan, cukup menunjukkan kartu asuransi dan pihak rumah sakit akan mengecek masa aktif kartu asuransi Anda . Namun, sebelum menggunakan asuransi dengan sistem cashless di rumah sakit Malaysia, Anda perlu melakukan konfirmasi kepada pihak asuransi apakah rumah sakit yang dituju telah bekerja sama secara cashless dan telah menginformasikan rawatan yang akan dijalani dan dokter yang dituju.

Di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre, Melaka dan Rumah Sakit Regency Specialist Hospital, Johor kami telah menerima pembayaran menggunakan asuransi kesehatan cashless, berikut daftar perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan rumah sakit kami.

asuransi kesehatan cashless di mahkota medical centre

Jika asuransi yang anda gunakan belum bisa digunakan secara cashless di rumah sakit Mahkota Melaka ataupun rumah sakit Regency, Johor, Anda masih dapat menggunakan sistem reimburse . Untuk sistem reimburse, Anda harus membayar biaya pengobatan rumah sakit dengan dana sendiri terlebih dahulu. Kemudian, biaya pengobatan yang anda keluarkan akan digantikan oleh pihak asuransi dengan cara diklaim.

Setelah selesai mendapatkan perawatan medis, invoice pembayaran rumah sakit, medical record, dan surat dokter bisa Anda ajukan kepada pihak asuransi untuk mendapatkan biaya penggantian atau “Ganti Rugi”.

Tips Menggunakan Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit Malaysia

Tips Menggunakan Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit Malaysia​

Sebelum menjalani pengobatan menggunakan Asuransi Kesehatan di rumah sakit Malaysia, simak beberapa tips berikut agar pengobatan Anda berjalan lancar :

  1. Pastikan masa aktif polis Anda masih berlaku dan tidak memiliki tunggakan premi
  2. Lakukan konfirmasi ke Agen atau Perusahaan Asuransi yang Anda miliki untuk memastikan apakah asuransi yang Anda gunakan bisa digunakan di rumah sakit Malaysia yang dituju serta sistem apakah yang digunakan (cashless atau reimburse)
  3. Jika Asuransi yang Anda miliki bisa digunakan secara Cashless infokan kepada Perusahaan Asuransi Anda bahwa Kartu Asuransi Anda akan dibawa Berobat ke Rumah Sakit Malaysia dan pastikan telah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan jika ada
  4. Jika asuransi Anda termasuk Reimburse pastikan anda telah membawa klaim Form ter-update ketika berobat ke Rumah Sakit Malaysia
  5. Konfirmasikan kembali kepada pihak Asuransi tindakan medis yang akan diambil, sebab beberapa tindakan medis tidak bisa dicover asuransi (misal bedah kosmetik atau dermatologi)
  6. Pastikan Anda telah membuat temu janji dengan dokter Malaysia yang dituju

Bagaimana, sangat mudah bukan? Bagi Anda yang memiliki Asuransi Kesehatan dan ingin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre atau Regency Specialist Hospital, Malaysia, selain menginfokan kepada pihak asuransi terkait, pastikan Anda juga telah membuat temu janji dengan dokter yang akan dituju sesuai dengan jadwal yang dipilih,

Baca Juga: Tujuan Wisata Medis Paling Populer di Malaysia

Melalui mahkotaregency.id, Anda tidak hanya akan dibantu untuk pengurusan temu janji dengan dokter spesialis saja, melainkan juga akan dibantu untuk pengurusan administrasi terkait kelengkapan asuransi seperti:

  • Pengisian surat dokter (Doctor’s Letter) oleh dokter yang merawat – apabila pasien lupa untuk memberikan kepada dokter
  • Kelengkapan billing/kwitansi berobat
  • Medical record/hasil medis pasien (apabila ada yang kurang)
  • Dll

Ketika menjalani pengobatan di Rumah Sakit Malaysia, Anda pun tidak perlu khawatir kekurangan dana, karena melalui mahkotaregency.id ,  kami akan memberikan estimasi biaya berobat, mulai dari biaya konsultasi, biaya pemeriksaan, biaya rawat inap, hingga biaya tindakan apabila memang dibutuhkan, sesuai dengan kondisi maupun hasil medis pasien.

Baca Juga :

Estimasi Biaya Berobat Di Malaysia

Berobat Ke Melaka

Berobat Ke Johor Bahru, Malaysia

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest
Leave a comment
Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan