8 Cara Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya Gula Darah atau kadar gula (glukosa) pada darah yang tidak diserap oleh tubuh dengan baik.

Glukosa menjadi sumber energi utama bagi sel tubuh manusia, namun kadar Glukosa yang menumpuk dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh.

Baca Juga:

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka akan timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita Diabetes.

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon Insulin yang diproduksi oleh pankreas, Sedangkan pada penderita Diabetes pankreas tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Akibatnya sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap atau mengolah Gula / Glukosa hasil konsumsi makanan sehari-hari menjadi energi.

Daftar Isi

Jenis-jenis Diabetes

Diabetes secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin atau yang biasa disebut diabetes autoimun.

Faktor pemicu timbulnya diabetes tipe 1 ini belum diketahui secara pasti namun dugaan paling kuat adalah genetik.

Sedangkan diabetes tipe 2 merupakan yang paling umum terjadi sekitar 90-95% penderita diabetes di dunia. Jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Baca Juga: 5 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Penderita Diabetes Melitus

Ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2 secara umum seperti Sering merasa haus, Sering buang air kecil terutama di malam hari, sering merasa lapar, Sering merasa mengantuk setelah makan, berkurangnya massa otot dan banyak hal lainnya.

Untuk diagnosis dan penanganan yang lebih akurat anda dapat menjalani Pengobatan diabetes di Rumah sakit Malaysia.

Pentingnya Mengontrol Gula Darah

Pada penderita diabetes diharuskan untuk lebih disiplin dalam mengatur kadar gula darah pada tubuh. Dalam hal ini dapat dilakukan dengan membatasi pola makan dan menjalani gaya hidup sehat.

Jika gula darah tidak terkontrol maka akan menyebabkan Komplikasi mulai dari serangan jantung dan stroke, infeksi pada bagian tubuh tertentu, hingga gagal ginjal stadium akhir.

Nah untuk mengindari hal yang lebih buruk terjadi, berikut beberapa tips mengontrol gula darah bagi penderita diabetes:

kontrol diabetes secara rutin

1. Rajin Cek Gula Darah

Diabetes seringkali dianggap sebagai Silent Killer karena kebanyakan orang tak menyadari kadar gula darah yang sudah jauh diatas normal. Kadar gula dalam darah dianggap normal yaitu 200 mg/dl.

Untuk mengetahui kadar gula darah ada baiknya untuk mengecek setidaknya setiap 6 bulan sekali hingga 1 tahun sekali. Namun untuk usia diatas 40 tahun sebaiknya melakukan kontrol setiap 1 bulan sekali.

Dengan pengecekan lebih awal, anda dapat mengetahui apabila kadar gula darah naik sehingga dapat melakukan pencegahan dan mulai menjalani hidup sehat agar kadar gula darah kembali normal.

8 Cara Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes 1

2. Minum Air yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu menurunkan gula darah yang berlebihan pada tubuh secara alami.

Cairan dalam tibuh dapat memperlancar fungsi kerja ginjal untuk menyaring gula yang berlebih dalam darah yang akan keluar melalui urine.

Namun, pastikan cairan yang anda konsumsi adalah air putih. Karena banyak jenis minuman yang ada disekitar kita malah mengandung Gula.

konsumsi makanan tinggi serat untuk diabetes penderita melitus

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Penderita Diabetes harus memperhatikan pola makan yang dijalani karena asupan makanan sangat berpengaruh terhadap kadar gula darah secara langsung.

Konsumsi jenis makanan yang mengandung serat dan pati (karbohidrat kompleks) sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini baik untuk membuat kadar gula darah tidak cepat naik setelah makan.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita Diabetes antara lain: Jagung, Ubi jalar. Gandum utuh, Sayuran berdaun hijau, Ikan, Wortel, Alpukat, Brokoli dan lain sebagainya.

Selain itu yang tak kalah penting yaitu mengontrol porsi makan, anda bisa Makan dalam porsi kecil namun sering sepanjang hari.

Selalu Jaga Berat Badan Ideal

4. Selalu Jaga Berat Badan Ideal

Selanjutnya Salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah Anda adalah dengan menjaga berat badan ideal. Bahkan penelitian menunjukkan berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko dibates melitus tipe 2 hingga tuju kali lipat.

Untuk menjaga berat badan dapat dilakukan dengan Olahraga rutin setidaknya 3x dalam seminggu.

Olahraga rutin akan membantu sel-sel di otot untuk mengambil lebih banyak glukosa dan mengubahnya menjadi energi sehingga hal ini akan efektif untuk menurunkan gula darah.

Manfaat lain dari menjaga berat badan ideal dapat mencegah berbagai risiko penyakit lainnya mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga tekanan darah tinggi. 

kontrol asupan karbohidrat

5. Kontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber alami gula, tubuh akan memecah karbohidrat yang masuk kedalam tubuh menjadi gula / Glukosa, kemudian insulin akan mengubahnya menjadi energi.

Otomatis asupan karbohidrat yang berlebih akan membuat kadar gula dalam tubuh baik. Diet rendah karbohidrat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan alternatif seperti Nasi Merah dan kurangi memakan cemilan berbasis tepung.

Beberapa makanan lain yang rendah karbohidrat seperti Daging tanpa lemak meliputi daging sapi, dada ayam. Atau Ikan, Telur, Sayuran, buah apel, dan lain sebagainya.

8 Cara Mengontrol Gula Darah Bagi Penderita Diabetes 2

7. Hindari Stres dan Istirahat yang Cukup

Stres akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh anda seperti tekanan darah tinggi dan kecemasan. Saat mengalami stres tubuh akan melepaskan hormon tertentu yang berakibat lepasnya energi yang tersimpan dalam bentuk gula ke aliran darah.

Cara tubuh merespon stres yaitu dengan menyimpan cadangan energi yang lebih banyak dibandingkan kondisi normal berupa kandungan lemak dan glukosa yang akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

hindari konsumsi alkohol

8. Hindari Alkohol

Meskipun banyak digandrungi oleh anak muda, nyatanya Minuman beralkohol mengandung banyak sekali gula yang menyebabkan lonjakan gula darah.

Minuman ini memiliki kalori yang cukup tinggi namun tidak memiliki nilai gizi. Alkohol akan membuat Anda merasa lebih lapar daripada biasanya.

Hal ini akan membuat nafsu makan meningkat bahkan berlebihan yang dapat memengaruhi berat badan. Seiring waktu, kadar alkohol dalam jumlah banyak dapat menurunkan efektivitas insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Terapi Diabetes Di Malaysia

Tidak ada obat permanen untuk diabetes. Rawatan secara keseluruhan adalah meningkatkan kualitas hidup, mengurangi komplikasi dan mencegah kematian dini. Rawatan diabetes melibatkan edukasi diabetes, kontrol diet (rendah lemak, rendah gula, rendah garam dan tinggi serat) olahraga dan obat-obatan.

  • Terapi Diabetes Tipe 1 – mencakup pemberian suntikan insulin setiap hari
  • Terapi Diabetes Tipe 2 – mencakup perubahan pola hidup mulai dari pola makan, berat badan, olahraga teratur. Dalam beberapa kasus, dokter juga akan memberikan obat untuk  mengontrol glukosa dalam darah agar tetap stabil

Biaya Pengobatan Diabetes Di Malaysia

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan diabetes di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Balasan