5 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

Jantung adalah salah satu organ yang sangat vital untuk tubuh. Jantung akan menyuplai banyak darah yang berisi oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh sehingga organ bisa berjalan dengan sempurna.

Kalau jantung sampai mengalami gangguan entah itu kinerja atau ada masalah di sana, tubuh akan sangat terganggu. Pada kondisi yang sangat parah, kematian mungkin saja bisa terjadi.

Baca Juga: Pasang Ring Jantung Di Malaysia | Prosedur, Biaya, & Dokter Terbaik

Karena Penyakit Jantung sering muncul saat sudah parah, ada baiknya Anda selalu waspada. Kenali tanda gangguan jantung sejak dini agar tahu apakah tubuh ini sehat atau sedang ada gangguan.

Gejala Awal Penyakit Jantung

Penyakit jantung kadang memiliki gejala awal yang sangat biasa dan mirip dengan gangguan lain. Untuk itu, coba perhatikan gejala di bawah ini agar kita semua bisa waspada.

1. Sering Mengalami Pusing

Pusing adalah salah satu gangguan di tubuh yang umum terjadi. Kita bisa mengalami pusing saat sedang tidak sehat baik itu pilek atau mungkin demam. Pusing juga bisa muncul kalau kita bekerja secara berlebihan dan mengalami dehidrasi.

Namun, pusing yang biasa akan hilang dengan sendirinya setelah sembuh atau mengonsumsi obat. Pusing yang disebabkan oleh gangguan jantung umumnya datang berkali-kali disertai dengan perasaan nyeri di sekitar dada.

2. Dada Terasa Tidak Nyaman

Tanda paling umum dan bisa dirasakan oleh seseorang yang mengalami gangguan pada jantung adalah nyeri dada. Nyeri pada dada biasanya mendadak muncul dengan intensitas yang berbeda-beda dan sangat tidak nyaman.

Dada yang terasa tidak nyaman ini umumnya akan berjalan selama beberapa menit. Saat Anda menghentikan aktivitas yang berat dan memilih istirahat, rasa sakitnya akan hilang perlahan-lahan dan dada kembali terasa nyaman.

3. Sering Mengalami Kelelahan Berlebihan

Melakukan aktivitas fisik yang berlebihan umumnya menyebabkan fisik mengalami penurunan. Anda jadi sangat lelah dan menyebabkan tubuh butuh istirahat yang cukup. Bahkan, sehari saja tidak cukup untuk membuat tubuh segar.

Kalau Anda mengalami gangguan atau masalah pada jantung, rasa lelah berlebihan ini muncul tanpa aktivitas fisik berat. Jadi, saat melakukan aktivitas fisik yang standar saja, rasa lelah berlebihan muncul dan berkali-kali.

4. Area Rahang dan Tenggorokan Nyeri

Rasa nyeri di dada yang biasa seperti karena melakukan aktivitas fisik cukup intens biasanya akan membaik dengan sendirinya. Namun, kalau rasa sakitnya terus berlanjut dan menyebar sampai ke rahang dan tenggorokan, Anda wajib waspada.

Kalau saat rasa sakit di dada muncul lalu menyebar ke area rahang, kemungkinan besar ada gangguan di jantung. Untuk itu, coba sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter.

5. Berkeringat secara Berlebihan

Berkeringat adalah tanda kalau metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Selain itu, keringat yang keluar juga bisa menjadi tanda kalau sistem pendingin berjalan baik. Apalagi terjadi saat sedang berolahraga.

Kalau Anda berkeringat saat tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, berarti ada masalah yang besar pada tubuh khususnya jantung. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan agar masalah bisa segera diatasi.

Baca Juga: Menjalani Prosedur CABG | Operasi ByPass Jantung Di Malaysia

Tanda di atas bisa muncul semua atau beberapa saja pada seseorang. Kalau Anda merasa mengalaminya dan tidak sekali saja, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Kalau memang ada masalah dengan jantung, Anda bisa segera melakukan pengobatan secara berkala dan sedini mungkin. Dengan begitu, kondisi jantung akan semakin membaik dan tidak memicu gangguan yang lebih kronis.

Alamat

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Balasan