Normalnya kita tidur selama 7-9 jam dalam satu hari. Dengan melakukan ini, tubuh akan kembali ke kondisi terbaiknya baik secara fisik atau secara mental. Sayangnya, tidak semua orang bisa tidur dengan durasi ini.

Kurangnya tidur dalam sehari seperti di bawah 6 jam akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Kalau kondisi ini terus dijalankan, kemungkinan besar tubuh bisa sakit. Produktivitas menurun, sampai risiko mengalami kanker meningkat.

Baca Juga: Penyebab Mati Rasa yang Terjadi pada Kaki dan Tangan

Nah, kalau kondisi sulit tidur sering muncul, apa yang harus dilakukan? Anda bisa mengubah gaya hidup. Selain itu, Anda juga disarankan menggunakan beberapa bahan alami di bawah ini.

Bahan Alami yang Membantu Tidur agar Lebih Nyenyak

Tubuh bisa sehat dan produktivitas meningkat kalau Anda bisa menggunakan bahan di bawah ini secara berkala. Efek setiap orang mungkin berbeda-beda, tapi sangat layak untuk dicoba.

1. Magnesium

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak magnesium. Namun, kalau sulit mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mudah sekali ditemukan di pasaran.

Mengonsumsi suplemen dengan jumlah 500 mg per hari akan membuat tubuh menjadi lebih relaks. Pikiran dan fisik jadi lebih nyaman sehingga Anda mudah mendapatkan tidur.

2. Minyak esensial lavender

Minyak lavender adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi masalah tidur yang terganggu. Umumnya minyak ini dicampur dengan VCO lalu dioleskan ke tubuh atau beberapa bagian dari tempat tidur.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menggunakan minyak lavender adalah dengan dimasukkan ke diffuser. Jadi, aroma dari minyak lavender bisa dikeluarkan dan membuat tubuh jadi relaks saat menghirupnya.

3. Makanan mengandung glycine

Makanan dengan kandungan glycine yang banyak akan memudahkan Anda tidur dengan nyenyak. Asam amino ini akan membuat tubuh jadi lebih dingin dan memicu sinyal tidur datang dengan cepat.

Glycine mudah ditemukan pada beberapa makanan seperti produk hewani baik itu daging, susu, sampai kaldu dari tulang. Selanjutnya, aneka sayuran seperti kubis, bayam, dan kale juga bisa jadi solusi.

4. Suplemen melatonin

Suplemen melatonin juga bisa digunakan untuk membuat tubuh tidur dengan cepat. Namun, suplemen yang dikonsumsi harus tepat dan tidak boleh berlebihan karena bisa memicu efek samping seperti pusing dan mual.

5. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan dosis tepat. Anda bisa menggunakan setidaknya 240 mg suplemen setiap harinya. Dengan dosis ini seseorang bisa tidur dengan lebih mudah.

Dengan mengonsumsi setidaknya 30-60 menit sebelum tidur, tubuh akan mendapatkan manfaat berupa penurunan stres, meningkatkan realisasi, dan mempercepat tidur.

6. Asam amino esensial

Asam amino esensial ada banyak jenisnya. Anda bisa menggunakan makanan asli seperti daging dan sejenisnya. Makanan ini mengandung asam amino yang bisa membuat tubuh jadi lebih nyaman dan relaks.

Tidak semua orang bisa mencukupi asam amino ke dalam tubuhnya. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan suplemen sekali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya suplemen bisa dikonsumsi sebelum tidur.

Baca Juga: Benarkah Makan Malam Bisa Menyebabkan Kegemukan

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa bahan alami di atas, Anda bisa dengan mudah memperbaiki pola tidur. Jadi, perlahan-lahan durasi tidur yang Anda lakukan bisa di atas 7 jam dan kondisi ini bertahan cukup lama.

Selain dengan menggunakan beberapa cara di atas, ada baiknya untuk mengubah gaya hidup agar menjadi lebih baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berolahraga secara rutin dan menghindari rokok serta alkohol.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!