Saat sedang berjalan, bagian tulang yang akan bekerja dengan sangat intens adalah tulang kaki mulai dari bawah sampai atas.

Pada bagian persendian seperti di pergelangan kaki, lutut, dan panggul, beban dari atas akan ditahan dan diminimalkan gesekannya.

Jika bagian persendian mengalami gangguan khususnya di panggul, peluang mengalami nyeri akan besar. Bahkan, bisa menyebabkan pasien tidak bisa jalan dengan lancar, bahkan, harus dilakukan penggantian.

Penyebab Operasi Penggantian Panggul 

Operasi penggantian panggul total harus dilakukan kalau beberapa kondisi di bawah ini terjadi dan cukup parah:

1. Osteoarthritis

Penyakit ini termasuk penyakit yang sering menyerang individu yang sudah tua dan tidak terlalu aktif. Penyakit menyerang ujung tulang atau persendian dan membuat area itu jadi mengeras dengan sendirinya.

Pengerasan ini menyebabkan rasa sakit yang cukup besar kalau digunakan untuk berjalan. Bahkan, beberapa orang tidak bisa melakukan aktivitas apa pun, bahkan saat sedang tidur pun terasa sakit.

2. Rheumatoid arthritis

Penyakit ini menyebabkan persendian jadi lebih kaku dan tidak bisa digunakan dengan baik. Kondisi ini bisa muncul karena ada gangguan autoimun.

Sistem imun yang harus melindungi tubuh justru menyerang persendian dan berakibat fatal.

Kondisi ini biasanya terjadi perlahan-lahan dan tidak langsung menyebabkan rasa sakit yang terlalu besar. Namun, kalau dibiarkan bisa menyebabkan gangguan yang sifatnya permanen.

3. Osteonecrosis

Seseorang yang mengalami kondisi osteonecrosis biasanya memiliki suplai darah di benjolan tulang panggul. Akibat aliran darah di tulang mengalami gangguan, kemungkinan mengalami tulang geser sampai parah sangat besar.

Mengapa Operasi Harus Dilakukan?

Gangguan yang terjadi di panggul bisa ringan sampai berat. Kalau masih ringan, mungkin tidak perlu sampai ditangani dengan operasi. Namun, kalau kondisi ini sampai terjadi, operasi mungkin harus segera dilakukan.

  • Nyeri yang sangat intens dan tidak bisa ditahan, bahkan sudah diberi obat pereda nyeri, tetap terasa tidak nyaman.
  • Sudah mulai mengganggu tidur karena rasa nyeri yang kadang muncul di malam hari.
  • Saat digunakan untuk berjalan, rasa sakitnya terasa lebih intens, bahkan saking sakitnya, kemungkinan untuk berlari sangat kecil.
  • Saat menggunakan pakaian khususnya celana sudah mulai sulit, apalagi menggunakan sepatu.
  • Sulit untuk berdiri dari posisi duduk.
  • Sudah tidak bisa menggunakan tangga untuk naik dan turun.

Jenis Prosedur Operasi Penggantian Panggul

Prosedur penggantian panggul secara umum ada tiga berdasarkan banyaknya komponen tulang yang diganti.

1. Penggantian Panggul Total

Operasi yang paling umum dilakukan. Dokter akan mengganti keseluruhan struktur panggul dengan komponen artifisial. Alat baru akan dimasukkan ke tulang paha lalu disambungkan ke sendiri. Penggantian ini akan mengurangi sakit dan mengembalikan stabilitas.

2. Penggantian Panggul Sebagian

Prosedur ini dilakukan dengan melakukan penggantian pada bagian bola di atas tulang paha. Bola ini akan diganti dengan alat lain yang umumnya logam agar bisa menempel di persendian dengan sempurna dan digunakan kembali.

Prosedur lain yang bisa dilakukan untuk membuat panggul bisa digunakan lagi dan tidak terasa sakit terdiri dari:

  • Meratakan panggul

Cara dilakukan dengan perataan bagian bulatan di bagian atas yang terluka dan memicu rasa sakit. Proses perataan ini dilakukan dengan penambahan metal atau bahan lain agar bagian panggul nyaman saat digunakan.

  • Bilateral Hip Replacement

Penggantian tulang panggul langsung pada dua sisi secara langsung. Cara ini sebenarnya tidak begitu disarankan. Namun, beberapa orang bisa melakukannya tanpa ada efek samping sama sekali.

  • Staged Hip Replacements

Apabila bagian panggul sebelah kiri dan kanan mengalami kerusakan, penggantian satu sisi harus dilakukan dahulu. Selanjutnya, kalau sisi lain sudah berjalan normal baru dilanjutkan ke sisi yang belum.

Penyembuhan dan Perawatan Pasca Operasi

Setelah prosedur dilakukan, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan agar tidak terjadi perdarahan atau komplikasi. Berikut prosedur penyembuhan yang bisa dilakukan.

  • Sebisa mungkin untuk berjalan perlahan-lahan saja, apalagi di bulan pertama pasca operasi dilakukan.
  • Menggunakan kompresor di sekitar lutut. Kompresor yang digunakan adalah semacam stocking yang sangat kuat memberikan tekanan sehingga peluang terjadi pergeseran sampai perdarahan tidak terjadi.
  • Melakukan terapi fisik secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya nyeri, kekakuan saat bergerak, dan masalah lain.
  • Menerapkan pola makan yang baik agar tidak menyebabkan infeksi di area operasi. Sanitasi yang baik juga harus diterapkan agar tidak didekati dengan bakteri.
  • Pemeriksaan secara rutin, biasanya dilakukan hingga bulan ke 12 sampai pasien bisa sembuh dengan sempurna.

Gangguan yang terjadi di persendian panggul tidak perlu dioperasi kalau tidak memicu nyeri yang berkelanjutan dan mengganggu aktivitas. Kalau kondisi ini sampai terjadi, kemungkinan mengalami lumpuh akan besar.

Kalau Anda merasa memiliki gangguan di tulang bagian panggul, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan atau terapi. Kalau terapi non medis tidak bisa dilakukan, operasi adalah salah satu jalan keluar yang tepat.

Anda bisa melakukan operasi penggantian panggul total di Mahkota Medical Centre atau Regency Specialist Hospital. Penggantian ini akan membuat tulang di panggul terasa nyaman dan bisa digunakan kembali.

Ada beberapa alasan mengapa Mahkota Medical Centre atau Regency Specialist Hospital menjadi rekomendasi Rumah Sakit Ortopedi terbaik di Malasyia. Pasalnya Sekitar 2.000++ operasi ortopedi dilakukan setiap tahun di Mahkota dan Regency Hospital. Selain itu,  kedua Rumah Sakit tersebut memiliki tim Spesialis Bedah Ortopedi & Trauma, Spesialis Bedah Tulang Belakang, Spesialis Rematologi serta staf kesehatan yang professional dan lulusan terbaik dari bidangnya yang saling bekerjasama untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien, sehingga proses kesembuhan pasien menjadi lebih cepat paska operasi.

***

Mahkotaregency.id dapat membantu segala inquiry  terkait berobat ke Malaysia. Dengan menggunakan layanan kami, Anda akan mendapatkan semua keuntungan berikut :

  • Rekomendasi Rumah Sakit Ortopedi (Tulang) Terbaik di Malaysia, dimana pasien akan mendapatkan layanan medis perawatan Ortopedi (Tulang) berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
  • Pengaturan terkait booking appointment dengan dokter spesialis, transportasi, hotel dll
  • Menghemat waktu dan biaya, karena kami akan membantu mengaturkan perjalanan medis Anda agar berjalan lancar dan cepat
  • Pengurusan Klaim Asuransi*
  • Masih bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis yang Menangani meskipun sudah pulang ke tanah air

Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, kami juga menyediakan layanan konsultasi online berbayar dengan Dokter Spesialis Terbaik di Malaysia, solusi aman tetap bisa terhubung dengan pakar kesehatan terbaik tanpa harus keluar rumah.

Baca juga :

Konsultasi Online Dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia

Update Berobat ke Malaysia Selama Pandemi

Berobat ke Malaysia Bisa via Ferry Selama Pandemi

Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami, tim kami akan membantu segala inquiry Anda terkait berobat ke Malaysia .

***

Dr Ho Pey Woei merupakan Dokter Spesialis Ortopedi (Tulang) terkemuka di RS. Mahkota Medical Centre.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk beberapa kasus terutama yang berkaitan dengan Kanker Payudara.

Dr Mooi Chin Leong

Spesialis Syaraf & Otak

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!